HIDAYAH CELL SINGASARI CIBODAS JONGGOL BOGOR KAMI MELAYANI PULSA ELEKTRIK, PULSA PAKET DATA INTERNET INDOSAT, TELKOMSEL, XL, AXIS, THREE, PULSA LISTRIK PLN ATAU TOKEN, PEMBAYARAN TAGIHAN LISTRIK, AKSESORIS HANDPHONE, PEMBAYARAN IURAN BPJS KESEHATAN, BISA JUGA PELAYANAN FOTO COPY, PRINT OUT, CETAK PHOTO DIGITAL, JASA PENGETIKAN, JUAL MATERAI DAN LAIN LAIN

Sabtu, 20 Agustus 2016

KASIH SAYANG DAN LEMAH LEMBUT

🍃⭐🌿 *BERKASIH SAYANG DAN LEMAH LEMBUT*

✍🏻Oleh *Syaikh Abdul Muhsin Bin Hamd Al-‘Abbad Al-Badr* _hafidzahumallah_

Allah menjelaskan bahwa Nabi-Nya, Muhammad, sebagai orang yang memiliki akhlak yang agung. Allah Ta’ala berfirman.

وَإِنَّكَ لَعَلَىٰ خُلُقٍ عَظِيمٍ

*_“Sungguh, kamu mempunyai akhlak yang agung”_* [Al-Qalam : 4]

Allah juga menjelaskan bahwa beliau adalah orang yang ramah dan lemah lembut. Allah Ta’ala berfirman.

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللَّهِ لِنتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ

*_“Dengan sebab rahmat Allah kamu berlaku lemah-lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentu mereka menjauh dari sekelilingmu”_* [Ali Imran : 159]

Allah juga menjelaskan bahwa beliau adalah orang yang penyayang dan memiliki rasa belas kasih terhadap orang-orang yang beriman. Allah Ta’ala berfirman.

لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِّنْ أَنفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُم بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَّحِيمٌ

*_“Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, yang berat memikirkan penderitaanmu, sangat menginginkan kamu (beriman dan selamat), amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mu’min”_* [At-Taubah : 128]

Rasulullah memerintahkan dan menganjurkan kita agar senantiasa berlaku lemah lembut. Beliau bersabda.

يَسِّرُوْا وَلاَ تُعَسِّرُوْا، وَبَشِّرُوْا وَلاَ تُنَفِّرُوْا

*_“Mudahkanlah dan jangan kalian persulit, berilah kabar gembira dan janganlah kalian membuat orang lari”_*

Hadits ini diriwayatkan oleh Al-Bukhari no. 69 dan Muslim no. 1734 dari Anas bin Malik. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Muslim no. 1732 dari Abu Musa dengan lafaz.

بَشِّرُوا وَلاَ تُُنَفِّرُواوَيَسِّرُوا وَلاَتُعَسِّرُوا

*_“Berilah kabar gembira dan jangan kalian membuat orang lari. Mudahkanlah dan janganlah kalian persulit”_*.

Al-Bukhari dalam kitab Shahihnya no.220 meriwayatkan sebuah hadits dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah pernah berkata kepada para sahabatnya pada kisah tentang seorang Arab Badui yang kencing di masjid.

دَعُوهُ وَهَرِيْقُوا عَلَى بَوْلِهِ سَجْلاً مِنْ مَاءِ أَوْ ذَنُو بًا مِنْ مَاءٍ فَإِنَّمَا بُعِشْتُمُ مُيَسِّرِينَ وَلَمْ تُبْعَشُوا مُعَسِّرِيْنَ

*_“Biarkanlah dia ! Tuangkanlah saja setimba atau seember air. Sesungguhnya kalian diutus untuk mempermudah, bukan untuk mempersulit”_*

Al-Bukhari meriwayatkan dari Aisyah hadits no.6927 bahwa Rasulullah bersabda.

يَاعَائِشَةُ إِنَّ اللَّهَ رَفِيْقٌ يُحِبُّ الرِّفْقَ فِيْ الأَمْرِ كُلِّهِ

*_“Wahai Aisyah, sesungguhnya Allah itu Mahalembut dan mencintai kelembutan di dalam semua urusan”_*

Hadits ini juga diriwayatkan oleh Muslim no. 2593 dengan lafaz.

يَا عَائِشَةُ إِنَّ اللَّهَ رَفِيْقٌ يُحِبُ الرِّفْقَ وَيُعْطِى عَلَى الرِّفْقِ مَا لاَ يُعطِِي عَلَى الْعُنْفِ وَمَالاَ يُعْطِي عَلَى مَا سِوَاهُ

*_“Wahai Aisyah, sesunguhnya Allah itu Mahalembut dan mencintai kelembutan. Allah memberi kepada kelembutan hal-hal yang tidak diberikan kepada kekerasan dan sifat-sifat lainnya”_*

Muslim meriwayatkan hadits dalam kitab Shahihnya no.2594 dari Aisyah, Nabi bersabda.

إِنَّالرِّفْقَ لاَيَكُونُ فِي شَيْءٍ إِلاَّ زَانَهُ وَلاَ يُنْزَ عُ مِنْ شَيءٍ إِلاَّ شَانَهُ

*_“Sungguh, segala sesuatu yang dihiasi kelembutan akan nampak indah. Sebaliknya, tanpa kelembutan segala sesuatu akan nampak jelek”_*

Muslim juga meriwayatkan hadits no. 2592 dari Jabir bin Abdullah bahwa Nabi bersabda.

مَنْ يُحْرَمِ الرِّفْقَ يُحْرَمِ الْخَيْرَ

*_“Barangsiapa yang tidak memiliki sifat lembut, maka tidak akan mendapatkan kebaikan”_*.

Allah pernah memerintahkan dua orang nabiNya yang mulia yaitu Musa dan Harun untuk mendakwahi Fir’aun dengan lembut. Allah Ta’ala berfirman.

اذْهَبَا إِلَىٰ فِرْعَوْنَ إِنَّهُ طَغَىٰ فَقُولَا لَهُ قَوْلًا لَّيِّنًا لَّعَلَّهُ يَتَذَكَّرُ أَوْ يَخْشَىٰ

*_“Pergilah kamu berdua kepada Fir’aun, karena dia telah berbuat melampui batas. Berbicaralah kepadanya dengan kata-kata yang lembut, mudah-mudahan ia mau ingat atau takut”_* [Thaha : 43-44]

Allah juga menjelaskan bahwa para sahabat yang mulia senantiasa saling bekasih sayang. Allah Ta’ala berfirman.

مُّحَمَّدٌ رَّسُولُ اللَّهِ ۚ وَالَّذِينَ مَعَهُ

أَشِدَّاءُ عَلَى الْكُفَّارِ رُحَمَاءُ بَيْنَهُمْ

*_“Muhammad itu adalah utusan Allah. Orang-orang yang selalu bersamanya bersikap keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesame mereka”_* [Al-Fath : 29]

📚[Disalin dari buku Rifqon Ahlassunnah bi Ahlissunnah Penulis Abdul Muhsin bin Hamd Al Abbad Al Badr, Edisi Indonesia Rifqon Ahlassunnah bi Ahlissunnah Menyikapi Fenomena Tahdzir dan Hajr, Penerbit : Titian Hidayah Ilahi Bandung, Cetakan Pertama Januari 2004]

Sumber: https://almanhaj.or.id/3195-berkasih-sayang-dan-lemah-lembut.html

♻Published By Fiqh Dakwah Sunnah

➖➖➖
  
Repost by :  
👥 www.sandihardiansyah123.com

Jumat, 19 Agustus 2016

SEDEKAH DAN REZEKI

💰💸💰 *MEMPERBANYAK SHODAQOH UNTUK MEMPERLANCAR RIZKI, BOLEHKAH?*

By: SOBAT MUSLIM

💥♨🔥 *Amat Disayangkan, Banyak Sedekah Hanya Untuk Memperlancar Rizki*

✍🏻 *Ustadz Muhammad Abduh Tuasikal, MSc* _hafidzohulloh_

   
_Alhamdullillahilladzi hamdan katsiron thoyyiban mubaarokan fiih kamaa yuhibbu Robbunaa wa yardho. Allahumma sholli ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala aalihi wa shohbihi wa sallam_.

Itulah yang sering kita lihat pada umat Islam saat ini. Mereka memang gemar melakukan puasa sunnah (yaitu puasa Senin-Kamis dan lainnya), namun semata-mata hanya untuk menyehatkan badan sebagaimana saran dari beberapa kalangan. Ada juga yang gemar sekali bersedekah, namun dengan tujuan untuk memperlancar rizki dan karir. Begitu pula ada yang rajin bangun di tengah malam untuk bertahajud, namun tujuannya hanyalah ingin menguatkan badan. Semua yang dilakukan memang suatu amalan yang baik. Tetapi niat di dalam hati senyatanya tidak ikhlash karena Allah, namun hanya ingin mendapatkan tujuan-tujuan duniawi semata. Kalau memang demikian, mereka bisa termasuk orang-orang yang tercela sebagaimana disebutkan dalam ayat berikut.

💢♨ *Dengan Amalan Sholeh Hanya Mengharap Keuntungan Dunia, Sungguh Akan Sangat Merugi*

Allah Ta’ala berfirman,
*مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ (15) أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآَخِرَةِ إِلَّا النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ (16)*
*_“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.”_* (QS. Hud [11] : 15-16)

Yang dimaksud dengan _“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia”_ yaitu barangsiapa yang menginginkan kenikmatan dunia dengan melakukan amalan akhirat.

Yang dimaksud _“perhiasan dunia”_ adalah harta dan anak.

Mereka yang beramal seperti ini: _“niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan”_. Maksudnya adalah mereka akan diberikan dunia yang mereka inginkan. Ini semua diberikan bukan karena mereka telah berbuat baik, namun semata-mata akan membuat terlena dan terjerumus dalam kebinasaan karena rusaknya amalan mereka. Dan juga mereka tidak akan pernah _yubkhosuun_, yaitu dunia yang diberikan kepada mereka tidak akan dikurangi. Ini berarti mereka akan diberikan dunia yang mereka cari seutuhnya (sempurna).

Dunia, mungkin saja mereka peroleh. Dengan banyak melakukan amalan sholeh, boleh jadi seseorang akan bertambah sehat, rizki semakin lancar dan karir terus meningkat.  Dan itu senyatanya yang mereka peroleh dan Allah pun tidak akan mengurangi hal tersebut sesuai yang Dia tetapkan. Namun apa yang mereka peroleh di akhirat?

Lihatlah firman Allah selanjutnya (yang artinya), *_“Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka”_*. Inilah akibat orang yang hanya beribadah untuk mendapat tujuan dunia saja. Mereka memang di dunia akan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Adapun di akhirat, mereka tidak akan memperoleh pahala karena mereka dalam beramal tidak menginginkan akhirat. 

Ingatlah, balasan akhirat hanya akan diperoleh oleh orang yang mengharapkannya. Allah Ta’ala berfirman,

*وَمَنْ أَرَادَ الْآَخِرَةَ وَسَعَى لَهَا سَعْيَهَا وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَأُولَئِكَ كَانَ سَعْيُهُمْ مَشْكُورًا*
*_“Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mu’min, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik.”_* (QS. Al Israa’: 19)

Orang-orang seperti ini juga dikatakan: *_“lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan”_*. Ini semua dikarenakan mereka dahulu di dunia beramal tidak ikhlas untuk mengharapkan wajah Allah sehingga ketika di akhirat, sia-sialah amalan mereka. (Lihat penjelasan ayat ini di I’aanatul Mustafid, 2/92-93)

Sungguh betapa banyak orang yang melaksanakan shalat malam, puasa sunnah dan banyak sedekah, namun itu semua dilakukan hanya bertujuan untuk menggapai kekayaan dunia, memperlancar rizki, umur panjang, dan lain sebagainya.

Ibnu ‘Abbas _radhiyallahu ‘anhu_ menafsirkan surat Hud ayat 15-16. Beliau _radhiyallahu ‘anhu_ mengatakan, _“Sesungguhnya orang yang riya’, mereka hanya ingin memperoleh balasan kebaikan yang telah mereka lakukan, namun mereka minta segera dibalas di dunia.”_

Ibnu ‘Abbas juga mengatakan, _“Barangsiapa yang melakukan amalan puasa, shalat atau shalat malam namun hanya ingin mengharapkan dunia, maka balasan dari Allah: *“Allah akan memberikan baginya dunia yang dia cari-cari. Namun amalannya akan sia-sia (lenyap) di akhirat nanti karena mereka hanya ingin mencari dunia. Di akhirat, mereka juga akan termasuk orang-orang yang merugi”*.”_ Perkataan yang sama dengan Ibnu ‘Abbas ini juga dikatakan oleh Mujahid, Adh Dhohak dan selainnya.

Qotadah mengatakan, *_“Barangsiapa yang dunia adalah tujuannya, dunia yang selalu dia cari-cari dengan amalan sholehnya, maka Allah akan memberikan kebaikan kepadanya di dunia. Namun ketika di akhirat, dia tidak akan memperoleh kebaikan apa-apa sebagai balasan untuknya. Adapun seorang mukmin yang ikhlash dalam beribadah (yang hanya ingin mengharapkan wajah Allah), dia akan mendapatkan balasan di dunia juga dia akan mendapatkan balasan di akhirat.”_* (Lihat *Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim*, tafsir surat Hud ayat 15-16)

♨ *Hanya Beramal Untuk Menggapai Dunia, Tidak Akan Dapat Satu Bagianpun Di Akhirat*

Kenapa seseorang beribadah dan beramal hanya ingin menggapai dunia? Jika seseorang beramal untuk mencari dunia, maka dia memang akan diberi. Jika shalat tahajud, puasa senin-kamis yang dia lakukan hanya ingin meraih dunia, maka dunia memang akan dia peroleh dan tidak akan dikurangi. Namun apa akibatnya di akhirat? Sungguh di akhirat dia akan sangat merugi. Dia tidak akan memperoleh balasan di akhirat disebabkan amalannya yang hanya ingin mencari-cari dunia.

Namun bagaimana dengan orang yang beramal dengan ikhlash, hanya ingin mengharap wajah Allah? Di akhirat dia akan memperoleh pahala yang berlipat ganda.

Allah Ta’ala berfirman,
مَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الآخِرَةِ نزدْ لَهُ فِي حَرْثِهِ وَمَنْ كَانَ يُرِيدُ حَرْثَ الدُّنْيَا نُؤْتِهِ مِنْهَا وَمَا لَهُ فِي الآخِرَةِ مِنْ نَصِيبٍ
*_“Barang siapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barang siapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat.”_* (QS. Asy Syuraa: 20)

Ibnu Katsir –rahimahullah- menafsirkan ayat di atas, _“Barangsiapa yang mencari keuntungan di akhirat, maka Kami akan menambahkan keuntungan itu baginya, yaitu Kami akan kuatkan, beri nikmat padanya karena tujuan akhirat yang dia harapkan. Kami pun akan menambahkan nikmat padanya dengan Kami balas setiap kebaikan dengan sepuluh kebaikan hingga 700 kali lipat hingga kelipatan yang begitu banyak sesuai dengan kehendak Allah. … Namun jika yang ingin dicapai adalah dunia dan dia tidak punya keinginan menggapai akhirat sama sekali, maka balasan akhirat tidak akan Allah beri dan dunia pun akan diberi sesuai dengan yang Allah kehendaki. Dan jika Allah kehendaki, dunia dan akhirat sekaligus tidak akan dia peroleh. Orang seperti ini hanya merasa senang dengan keinginannya saja, namun barangkali akhirat dan dunia akan lenyap seluruhnya dari dirinya.”_

Ats Tsauri berkata, dari Mughiroh, dari Abul ‘Aliyah, dari Ubay bin Ka’ab -radhiyallahu ‘anhu-, beliau mengatakan,
بشر هذه الأمة بالسناء والرفعة والدين والتمكين في الأرض فمن عمل منهم عمل الآخرة للدنيا لم يكن له في الآخرة من نصيب
*_“Umat ini diberi kabar gembira dengan kemuliaan, kedudukan, agama dan kekuatan di muka bumi. Barangsiapa dari umat ini yang melakukan amalan akhirat untuk meraih dunia, maka di akhirat dia tidak mendapatkan satu bagian pun di akhirat.”_*

🌒 *Tanda Seseorang Beramal Untuk Tujuan Dunia*

Al Bukhari membawakan hadits dalam Bab *“Siapa yang menjaga diri dari fitnah harta”*.

Dari Abu Hurairah –radhiyallahu ‘anhu-, Rasulullah _shallallahu ‘alaihi wa sallam_ bersabda,
تَعِسَ عَبْدُ الدِّينَارِ ، وَالدِّرْهَمِ ، وَالْقَطِيفَةِ ، وَالْخَمِيصَةِ ، إِنْ أُعْطِىَ رَضِىَ ، وَإِنْ لَمْ يُعْطَ لَمْ يَرْضَ تَعِسَ وَانْتَكَسَ
*_“Celakalah hamba dinar, dirham, qothifah dan khomishoh. Jika diberi, dia pun ridho. Namun jika tidak diberi, dia tidak ridho, dia akan celaka dan akan kembali binasa.”_* (HR. Bukhari).  

_Qothifah_ adalah sejenis pakaian yang memiliki beludru. Sedangkan khomishoh adalah pakaian yang berwarna hitam dan memiliki bintik-bintik merah. (I’aanatul Mustafid, 2/93)

Kenapa dinamakan hamba dinar, dirham dan pakaian yang mewah? Karena mereka yang disebutkan dalam hadits tersebut beramal untuk menggapai harta-harta tadi, bukan untuk mengharap wajah Allah. Demikianlah sehingga mereka disebut hamba dinar, dirham dan seterusnya. Adapun orang yang beramal karena ingin mengharap wajah Allah semata, mereka itulah yang disebut hamba Allah (sejati).

Di antara tanda bahwa mereka beramal untuk menggapai harta-harta tadi atau ingin menggapai dunia disebutkan dalam sabda Nabi _shallallahu ‘alaihi wa sallam_ selanjutnya: *_“Jika diberi, dia pun ridho. Namun jika tidak diberi, dia pun tidak ridho (murka), dia akan celaka dan kembali binasa”_*. 

Hal ini juga yang dikatakan kepada orang-orang munafik sebagaimana dalam firman Allah,
وَمِنْهُمْ مَنْ يَلْمِزُكَ فِي الصَّدَقَاتِ فَإِنْ أُعْطُوا مِنْهَا رَضُوا وَإِنْ لَمْ يُعْطَوْا مِنْهَا إِذَا هُمْ يَسْخَطُونَ
*_“Dan di antara mereka ada orang yang mencelamu tentang (distribusi) zakat; jika mereka diberi sebahagian dari padanya, mereka bersenang hati, dan jika mereka tidak diberi sebahagian dari padanya, dengan serta merta mereka menjadi marah.”_* (QS. At Taubah: 58)

Itulah tanda seseorang dalam beramal hanya ingin menggapai tujuan dunia. Jika dia diberi kenikmatan dunia, dia ridho. Namun, jika kenikmatan dunia tersebut tidak kunjung datang, dia akan murka dan marah. Dalam hatinya seraya berujar, “Sudah sebulan saya merutinkan shalat malam, namun rizki dan usaha belum juga lancar.” Inilah tanda orang yang selalu berharap dunia dengan amalan sholehnya.

Adapun seorang mukmin, jika diberi nikmat, dia akan bersyukur. Sebaliknya, jika tidak diberi, dia pun akan selalu sabar. Karena orang mukmin, dia akan beramal bukan untuk mencapai tujuan dunia. Sebagian mereka bahkan tidak menginginkan mendapatkan dunia sama sekali. Diceritakan bahwa sebagian sahabat tidak ridho jika mendapatkan dunia sedikit pun. Mereka pun tidak mencari-cari dunia karena yang selalu mereka harapkan adalah negeri akhirat. Semua ini mereka lakukan untuk senantiasa komitmen dalam amalan mereka, agar selalu timbul rasa harap pada kehidupan akhirat. Mereka sama sekali tidak menyukai untuk disegerakan balasan terhadap kebaikan yang mereka lakukan di dunia.

Akan tetapi, barangsiapa diberi dunia tanpa ada rasa keinginan sebelumnya dan tanpa ada rasa tamak terhadap dunia, maka dia boleh mengambilnya. Sebagaimana hal ini terdapat dalam hadits dari ‘Umar bin Khottob,
قَدْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يُعْطِينِى الْعَطَاءَ فَأَقُولُ أَعْطِهِ أَفْقَرَ إِلَيْهِ مِنِّى. حَتَّى أَعْطَانِى مَرَّةً مَالاً فَقُلْتُ أَعْطِهِ أَفْقَرَ إِلَيْهِ مِنِّى. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « خُذْهُ وَمَا جَاءَكَ مِنْ هَذَا الْمَالِ وَأَنْتَ غَيْرُ مُشْرِفٍ وَلاَ سَائِلٍ فَخُذْهُ وَمَا لاَ فَلاَ تُتْبِعْهُ نَفْسَكَ ».
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberikan suatu pemberian padaku.” Umar lantas mengatakan, _“Berikan saja pemberian tersebut pada orang yang lebih butuh (lebih miskin) dariku. Sampai beberapa kali, beliau tetap memberikan harta tersebut padaku.”_ Umar pun tetap mengatakan, _“Berikan saja pada orang yang lebih butuh (lebih miskin) dariku.”_ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, *_“Ambillah harta tersebut dan harta yang semisal dengan ini di mana engkau tidak merasa mulia dengannya dan sebelumnya engkau pun tidak meminta-mintanya. Ambillah harta tersebut. Selain harta semacam itu (yang di mana engkau punya keinginan sebelumnya padanya), maka biarkanlah dan janganlah hatimu bergantung padanya.”_*  (HR. Bukhari dan Muslim).

Sekali lagi, begitulah orang beriman. Jika dia diberi nikmat atau pun tidak, amalan sholehnya tidak akan pernah berkurang. Karena orang mukmin sangat mencintai Allah dan Rasul-Nya. Adapun orang yang selalu mengharap dunia dengan amalan sholehnya, dia akan bersikap berbeda. Jika dia diberi nikmat, baru dia ridho. Namun, jika dia tidak diberi, dia akan murka dan marah. Dia ridho karena mendapat kenikmatan dunia. Sebaliknya, dia murka karena kenikmatan dunia yang tidak kunjung menghampirinya padahal dia sudah gemar melakukan amalan sholeh. Itulah sebabnya orang-orang seperti ini disebut hamba dunia, hamba dinar, hamba dirham dan hamba pakaian.

🔥 *Beragamnya Niat dan Amalan Untuk Menggapai Dunia*

Niat seseorang ketika beramal ada beberapa macam:
✔ *[Pertama]* Jika niatnya adalah murni untuk mendapatkan dunia ketika dia beramal dan sama sekali tidak punya keinginan mengharap wajah Allah dan kehidupan akhirat, maka orang semacam ini di akhirat tidak akan mendapatkan satu bagian nikmat pun. Perlu diketahui pula bahwa amalan semacam ini tidaklah muncul dari seorang mukmin. Orang mukmin walaupun lemah imannya, dia pasti selalu mengharapkan wajah Allah dan negeri akhirat.

✔ *[Kedua]* Jika niat seseorang adalah untuk mengharap wajah Allah dan untuk mendapatkan dunia sekaligus, entah niatnya untuk kedua-duanya sama atau mendekati, maka semacam ini akan mengurangi tauhid dan keikhlasannya. Amalannya dinilai memiliki kekurangan karena keikhlasannya tidak sempurna.

✔ *[Ketiga]* Adapun jika seseorang telah beramal dengan ikhlash, hanya ingin mengharap wajah Allah semata, akan tetapi di balik itu dia mendapatkan upah atau hasil yang dia ambil untuk membantunya dalam beramal (semacam mujahid yang berjihad lalu mendapatkan harta rampasan perang, para pengajar dan pekerja yang menyokong agama yang mendapatkan upah dari negara setiap bulannya), maka tidak mengapa mengambil upah tersebut. Hal ini juga tidak mengurangi keimanan dan ketauhidannya, karena semula dia tidak beramal untuk mendapatkan dunia. Sejak awal dia sudah berniat untuk beramal sholeh dan menyokong agama ini, sedangkan upah yang dia dapatkan adalah di balik itu semua yang nantinya akan menolong dia dalam beramal dan beragama. (Lihat Al Qoulus Sadiid, 132-133)

Adapun amalan yang seseorang lakukan untuk mendapatkan balasan dunia ada dua macam:
✅1. [Pertama] *Amalan yang tidak disebutkan di dalamnya balasan dunia. Namun seseorang melakukan amalan tersebut untuk mengharapkan balasan dunia, maka semacam ini tidak diperbolehkan bahkan termasuk kesyirikan.*
-Misalnya: _Seseorang melaksanakan shalat Tahajud. Dia berniat dalam hatinya bahwa pasti dengan melakukan shalat malam ini, anaknya yang akan lahir nanti adalah laki-laki. Ini tidak dibolehkan karena tidak ada satu dalil pun yang menyebutkan bahwa dengan melakukan shalat Tahajud akan mendapatkan anak laki-laki._

✅2. [Kedua] *Amalan yang disebutkan di dalamnya balasan dunia*. 
-Contohnya adalah silaturrahim dan berbakti kepada kedua orang tua. Semisal silaturrahim, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ أَحَبَّ أَنْ يُبْسَطَ لَهُ فِى رِزْقِهِ وَيُنْسَأَ لَهُ فِى أَثَرِهِ فَلْيَصِلْ رَحِمَهُ
*_“Barangsiapa senang untuk dilapangkan rizki dan dipanjangkan umurnya, maka jalinlah tali silaturrahim (hubungan antar kerabat).”_* (HR. Bukhari dan Muslim)

Jika seseorang melakukan amalan semacam ini, namun hanya ingin mengharapkan balasan dunia saja dan tidak mengharapkan balasan akhirat, maka orang yang melakukannya telah terjatuh dalam kesyirikan. Namun, jika dia melakukannya tetap mengharapkan balasan akhirat dan dunia sekaligus, juga dia melakukannya dengan ikhlash, maka ini tidak mengapa dan balasan dunia adalah sebagai tambahan nikmat untuknya karena syari’at telah menunjukkan adanya balasan dunia dalam amalan ini.

🔮 *Perbedaan dan Kesamaan Beramal untuk Meraih Dunia dengan Riya’*

Syaikh Muhammad At Tamimi –rahimahullah- membawakan pembahasan ini dalam Kitab Tauhid pada Bab *“Termasuk kesyirikan, seseorang beribadah untuk mencari dunia”*. Beliau –rahimahullah- membawakannya setelah membahas riya’. Kenapa demikian?

Riya’ dan beribadah untuk mencari dunia, keduanya sama-sama adalah amalan hati dan terlihat begitu samar karena tidak nampak di hadapan orang banyak. Namun, Keduanya termasuk amalan kepada selain Allah Ta’ala. Ini berarti keduanya termasuk kesyirikan yaitu syirik khofi (syirik yang samar).  Keduanya memiliki peredaan. Riya’ adalah beramal agar dilihat oleh orang lain dan ingin tenar dengan amalannya. Sedangkan beramal untuk tujuan dunia adalah banyak melakukan amalan seperti shalat, puasa, sedekah dan amalan sholeh lainnya dengan tujuan untuk mendapatkan balasan segera di dunia semacam mendapat rizki yang lancar dan lainnya.

Tetapi perlu diketahui, para ulama mengatakan bahwa amalan seseorang untuk mencari dunia lebih nampak hasilnya daripada riya’. Alasannya, kalau seseorang melakukan amalan dengan riya’, maka jelas dia tidak mendapatkan apa-apa. Namun, untuk amalan yang kedua, dia akan peroleh kemanfaatan di dunia. Akan tetapi, keduanya tetap saja termasuk amalan yang membuat seseorang merugi di hadapan Allah Ta’ala. Keduanya sama-sama bernilai syirik dalam niat maupun tujuan. Jadi kedua amalan ini memiliki kesamaan dari satu sisi dan memiliki perbedaan dari sisi yang lain.

💎 *Kenapa Engkau Tidak Ikhlash Saja dalam Beramal?*

Sebenarnya jika seseorang memurnikan amalannya hanya untuk mengharap wajah Allah dan ikhlash kepada-Nya niscaya dunia pun akan menghampirinya tanpa mesti dia cari-cari. Namun, jika seseorang mencari-cari dunia dan dunia yang selalu menjadi tujuannya dalam beramal, memang benar dia akan mendapatkan dunia tetapi sekadar yang Allah takdirkan saja. Ingatlah ini … !!

Semoga sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bisa menjadi renungan bagi kita semua,
مَنْ كَانَتِ الآخِرَةُ هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ غِنَاهُ فِى قَلْبِهِ وَجَمَعَ لَهُ شَمْلَهُ وَأَتَتْهُ الدُّنْيَا وَهِىَ رَاغِمَةٌ وَمَنْ كَانَتِ الدُّنْيَا هَمَّهُ جَعَلَ اللَّهُ فَقْرَهُ بَيْنَ عَيْنَيْهِ وَفَرَّقَ عَلَيْهِ شَمْلَهَ وَلَمْ يَأْتِهِ مِنَ الدُّنْيَا إِلاَّ مَا قُدِّرَ لَهُ
*_“Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai akhirat, maka Allah akan memberikan kecukupan dalam hatinya, Dia akan menyatukan keinginannya yang tercerai berai, dunia pun akan dia peroleh dan tunduk hina padanya. Barangsiapa yang niatnya adalah untuk menggapai dunia, maka Allah akan menjadikan dia tidak pernah merasa cukup, akan mencerai beraikan keinginannya, dunia pun tidak dia peroleh kecuali yang telah ditetapkan baginya.”_* (HR. Tirmidzi no. 2465. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat penjelasan hadits ini di *Tuhfatul Ahwadzi*, 7/139)

Marilah –saudaraku-, kita ikhlashkan selalu niat kita ketika kita beramal. Murnikanlah semua amalan hanya untuk menggapai ridho Allah. Janganlah niatkan setiap amalanmu hanya untuk meraih kenikmatan dunia semata. Ikhlaskanlah amalan tersebut pada Allah, niscaya dunia juga akan engkau raih. *Yakinlah hal ini …!!*

Semoga Allah selalu memperbaiki aqidah dan setiap amalan kaum muslimin. Semoga Allah memberi taufik dan hidayah kepada mereka ke jalan yang lurus.

_Alhamdulillahilladzi bi ni’matihi tatimmush sholihaat. Wa shallallahu ‘ala nabiyyina Muhammad wa ‘ala wa alihi wa shohbihi wa sallam_.

📚Rujukan:
- *Al Qoulus Sadiid Syarh Kitab At Tauhid*, Syaikh ‘Abdurrahman bin Nashir As Sa’di, Wizarotusy syu’un Al Islamiyyah wal Awqof wad Da’wah wal Irsyad-Al Mamlakah Al ‘Arobiyah As Su’udiyah.

- *I’aanatul Mustafid bi Syarhi Kitabit Tauhid*, Sholeh bin Fauzan bin ‘Abdillah Al Fauzan.

- *At Tamhid li Syarhi Kitabit Tauhid*, Sholeh bin ‘Abdul Aziz Alu Syaikh, Daar At Tauhid.

- *Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim*, Abul Fida’ Isma’il bin ‘Umar bin Katsir Al Qurosyi Ad Dimasyqi, Tahqiq: Saami bin Muhammad Salamah, Dar Thobi’ah Lin Nasyr wat Tauzi’.

- *Tuhfatul Ahwadzi bi Syarhi Jaami’it Tirmidzi*, Muhammad ‘Abdurrahman bin ‘Abdirrahim Al Mubarakfuriy Abul ‘Alaa, Darul Kutub Al ‘Ilmiyyah, Beirut.

****

✍🏻Penulis: Muhammad Abduh Tuasikal

🌐Sumber: https://rumaysho.com

➖➖➖
  
Repost by :  
👥 www.sandihardiansyah123.blogspot.com

Minggu, 14 Agustus 2016

MAKNA PERNIKAHAN

🌺🌹🌸 *APA SIH MAKNA PERNIKAHAN…?*

✍🏻Ustadz DR. Syafiq bin Riza Basalamah, حفظه الله تعالى

_Akhi Ukhti…_

Aku ingin mengajakmu untuk merenung

🌷 *_Apasih makna sebuah pernikahan?_*

* _Bila sebelumnya engkau telah menyentuh pasanganmu_

* _Engkau telah duduk bersanding dengannya_

* _Engkau telah berpelukan erat dengannya_

* _Engkau telah berjalan berduaan dengannya_

* _Engkau telah bersembunyi di balik tabir menutup pintu dari pandangan manusia bersamanya_

* _Yang lebih parah lagi engkau sudah pernah tidur di atas kasur berduaan dengannya_

⁉ *_Lalu apa artinya akad nikah?_*

_Apa gunanya resepsi?_

_Apa gunanya saksi dan wali_

_Apa gunanya mengumumkan kepada khalayak ramai pernikahanmu?_

Kalau semua orang telah mengetahui hubunganmu dengannya?
Dan Sang Pencipta telah melihat kelakuanmu selama ini

⁉ *_Apa masih ada yang sakral dari pernikahan yang seperti ini?_*

* _Hanya sekedar untuk mendapatkan buku hijau….namun semuanya sudah dilakukan sebelum akad nikah_

* _Jangan membohongi dirimu sendiri dengan berpura-pura menikah_

_Memulai lembaran baru sebagai pasutri_

_Yang dahulunya haram menjadi halal_

_Yang dahulu dilarang menjadi sebuah anjuran_

*Padahal sebelum akad nikah kau sudah menghalalkan semuanya*

✅ _Islam adalah agama yang menghargai wanita_

☑ _Menghormati dan menjaga putri Adam_

‼ *_Wanita di dalam Islam bukan barang dagangan yang bisa kau pegang-pegang sebelum kau menikahinya_*

‼ *Dia bukan pakaian yang bisa kau coba-coba untuk melihat keselarasannya*

‼ _Dia bukan makanan yang bisa kau cicipi rasanya_

✅ *Namun dia adalah mutiara indah di dalam cangkang kerang*

✅ *_Yang hanya boleh disentuh, dipegang, dibuka dan dibawa oleh yang telah melakukan ijab qabul_*

💎 *Itulah keindahan pernikahan di dalam Islam*

_Kesakralan akad nikah_

_Itulah guna seorang wali dan saksi_

_Bukan hanya sekedar mendatangkan penghulu dan bertanda tangan di buku_

⁉ Sebagian manusia merasa berakal

Merasa berperadaban

Merasa lebih baik dari binatang

*Namun perilakunya tak ubahnya seperti binatang*

* Lihatlah ayam betina

Di mana bertemu pejantan dia dinaiki olehnya

Sebagian wanita hanya dengan kedipan mata

Atau rayuan gombal dia lupa harga dirinya

* Entah siapa yang salah, si laki atau si perempuan?

Kalau binatang itu suatu kewajaran

Apakah sampai seburuk itu perilaku manusia?

Allah berfirman

*وَلَقَدْ ذَرَأْنا لِجَهَنَّمَ كَثِيراً مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِها وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِها وَلَهُمْ آذانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِها أُولئِكَ كَالْأَنْعامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ أُولئِكَ هُمُ الْغافِلُونَ (١٧٩)*

*_“Dan telah kami ciptakan sebagai penghuni neraka jahanam dari bangsa Jin dan manusia, mereka memiliki hati namun tidak berpikir dengannya, memiliki mata namun tidak melihat dengannya, memiliki telinga namun tidak mendengar dengannya, mereka ibarat binatang ternak, bahkan mereka lebih tersesat, mereka adalah orang-orang yang lalai”_*

* Kalau tidak ingin seperti binatang, cobalah berpikir dengan hatimu, dengarkan dengan telingamu, pandanglah dengan matamu, Allah tidak menciptakanmu sia-sia, Belajarlah agamamu kalau masih ingin disebut insan

🌺 Kemarin aku habis menghadiri sebuah Walimah pernikahan di tengah ibu kota
Jakarta ……

🌸 _Suatu Walimah yang penuh makna_

🌻 _Pasangan pengantin-nya belum pernah bersentuh tangan_

🌹 _Belum pernah di atas motor berboncengan_

🌾 _Belum pernah duduk berduaan_

🌼 _Sentuhan mereka adalah sentuhan yang dibalut mawaddah dan Rahmah_

🌸 _Bersandingnya mereka karena perintah dan Ridha yang pencipta
Pelukan mereka bernilai sedekah_

☀ *_Sungguh indah dan penuh berkah_*

🌺 _Semoga mereka berdua dan bersama keluarganya senantiasa dijaga Allah_
_Itulah pernikahan yang sebenarnya_🌺

* _Untukmu yang menikah dengan tuntunan syariah, aku ucapkan_

*بارك الله لك وبارك عليك وجمع بينكما في خير*

🌐Sumber : BBG Al-ilmuCom

➖➖➖
  
Repost by :
👥 *SOBAT MUSLIM*

CONTOH LAPORAN PKM UNIVERSITAS TERBUKA S1 PGSD

https://drive.google.com/file/d/0B3GpcHUztkARV0pvVDROcjY5U2c/view

Jumat, 12 Agustus 2016

MEMBERI = MENERIMA

MEMBERI = MENERIMA
Wallahu a'lam....
Ada
seorang
ayah yang
mempunyai
3 orang anak dgn
harta sebanyak :

"19 ekor kerbau" 🐮🐮

😘

Ketika
mendekati
ajalnya, sang
Ayah membagikan
warisan kepada ke tiga anaknya dengan pesan :

1/2 utk anak pertama,
1/4 utk anak kedua,
1/5 utk anak ketiga.

🙏🏿🙏🏿

Setelah
sang ayah
meninggal dunia. 😇

Ketiga
anaknya
membagikan
kerbau sesuai
pesan ayah mereka.

Tapi
mereka
menemukan
~ kesulitan �
~ dan keganjilan �

1/2 x 19 = 9,5 ekor
1/4 x 19 = 4,75 ekor
1/5 x 19 = 3,8 ekor

bahwa
masing2
mereka akan
mendapatkan bagian
kerbau yg tidak utuh 🐮

dan
masing2
anak TIDAK MAU
mengalah 😡

semua
berusaha
mendapatkan
bagian secara utuh 😟😟

😖😖😖

karena harta peninggalan sang ayah berjumlah 19 ekor kerbau.

��

Kabar tentang pertengkaran mereka terdengar oleh seorang bapak miskin yg hanya mempunyai 1 ekor kerbau.

😎

Krn
prihatin
dgn hal tsb,
akhirnya sang bapak
menemui mereka,

😬😬

dan
bersedia
dengan ikhlas
memberikan kerbau nya

spy
masing2
anak mendapat
bagian yg utuh,

sehingga
jumlah kerbau
menjadi 19+1=20 EKOR

Anak2 itu setuju 😀👍🏽👍🏽

dan
mereka
mulai membagi :

Anak
pertama
mendapat :
1/2 x 20 = 10 ekor
😘

Anak
yang kedua
mendapat bagian :
1/4 x 20 = 5 ekor

😍👍🏽👍🏽

Anak
yang ketiga
mendapat bagian :
1/5 x 20 = 4 ekor.

😅🙏🏿🙏🏿

Demikianlah masing2 anak mendapatkan bagian yg utuh.

Dan
totalnya
ternyata 10+5+4=19.

            AJAIB KAN ?
                 😇😇

Akhirnya tersisa 1 ekor yang diberikan kembali pada bapak miskin yang bijak tadi.

Percayalah jika kita memberi dengan ikhlas untuk menjadi bagian dari solusi, ternyata kita TIDAK KEHILANGAN sesuatu apapun, malah memberi manfaat bagi sesama karena Allah lah yang akan menggantikan semua itu.

Seperti dlm kasus ini walaupun sebenarnya sang bapak yg miskin tidak mengharap kerbaunya kembali, krn ia telah ikhlas menjadi bagian dari solusi itu ...............!!!

PESAN MORAL :
Memberi,  tidak berarti akan mengurangi harta kita punya walau sepeserpun ..........  Subhanallah..

Kamis, 11 Agustus 2016

MELAWAN LUPA

🍃🍂 *MELAWAN LUPA* 🌿🍃

✍🏻 Ustadz Abu Abdil Muhsin Firanda Andirja _hafidzohulloh_

Allah berfirman :

*إِنَّ الْإِنسَانَ لِرَبِّهِ لَكَنُودٌ*

*_"Sesungguhnya manusia itu sangat ingkar, tidak berterima kasih kepada Tuhannya"_* (QS Al-'Adiyaat : 6)

Al-Hasan _rahimahullah_ berkata :

*هُوَ الَّذِي يَعُدُّ الْمَصَائِبَ، وَيَنْسَى نِعَمَ رَبِّهِ*.

_"Yaitu orang yang menghitung-hitung musibah (yang sedikit-pen) dan melupakan kenikmatan-kenikmatan Robnya (yg telah banyak diberikan kepadanya-pen)"_ (Tafsir Ibnu Katsir 8/467)

Akan terlihat hakikat kita sesungguhnya tatkala kita ditimpa musibah, apakah kita termasuk كَنُوْد (ingkar) ? Atau termasuk sabar (yang tidak lupa dengan karunia-karunia Allah sehingga menjadikan kita lebih sabar dalam menerima keputusan Allah)?

*Musibah yang menimpa kita hanyalah sesekali, sementara kenikmatan terus tercurah kepada kita tiada hentinya dengan berbagai macam modelnya*. Namun demikianlah karena kurang kuatnya iman sebagian kita sehingga tatkala terkena musibah yang diingat-ingat hanyalah beratnya musibah tersebut, sementara anugerah dan karunia Allah terlupakan…

♻Contoh kecil :
☑ - _Ada yang mobilnya mogok, maka iapun mengeluh sejadi-jadinya, ia lupa bahwa mobilnya mogok hanya sekali-sekali, selama ini sekian ribu kilo meter mobilnya jalan dengan baik tanpa halangan._

☑ - _Ada yang uangnya hilang, iapun marah dan mengeluh, padahal selama ini uang yang Allah berikan kepadanya tidak pernah hilang, namun ini semua terlupakan, yang diingat hanya uangnya yang hilang tersebut._

☑ - _Ada yang tubuhnya sakit, lalu iapun mengeluh dan tidak sabar, padahal puluhan tahun Allah menjadikan tubuhnya sehat, lantas apakah sakit yang sebentar tersebut membuatnya lupa dengan kesehatan puluhan tahun lamanya?_

☑ - _Ada yang mengalami kegagalan, maka iapun marah, padahal kegagalan tersebut hanya sesekali, dan bisa jadi sekali saja. Sementara kemudahan dan keberhasilan sudah sering ia raih, namun terlupakan karena kegagalan tersebut._

☑ - _Yang lebih berat, adalah ada yang anaknya meninggal karena sakit atau sebab yang lainnya. Maka iapun meronta dan menangis sejadi-jadinya dengan mengangkat suara, seakan-akan protes dengan keputusan Allah. Ia lupa bahwasanya Allah telah banyak memberikan kepadanya banyak anak, dan yang lainnya dalam kondisi sehat wal afiyat._

Jika kita terkena musibah maka berusahalah mengingat kebaikan-kebaikan Allah kepada kita, sehingga hal ini akan meringankan beban musibah kita dan kita tetap berhusnuzon (berbaik sangka) kepada Allah.

Imam As-Suddiy _rahimahullah_ berkata :

تَسَاقَطَ لَحْمُ أَيُّوْبَ حَتَّى لَمْ يَبْقَ إِلاَّ الْعَصبُ وَالْعِظَامُ، فَكَانَتْ امْرَأَتُهُ تَقُوْمُ عَلَيْهِ وَتَأْتِيْهِ بِالزَّادِ يَكُوْنُ فِيْهِ، فَقَالَتْ لَهُ امْرَأَتُهُ لَمَّا طَالَ وَجْعُهُ: يَا أَيُّوْبُ، لَوْ دَعَوْتَ رَبَّكَ يُفَرِّجُ عَنْكَ؟ فَقَالَ: قَدْ عِشْتُ سَبْعِيْنَ سَنَةً صَحِيْحًا، فَهَلْ قَلِيْلٌ للهِ أَنْ أَصْبِرَ لَهُ سَبْعين سنة؟

_"Daging nabi Ayub berjatuhan (karena sakit parah) maka tidak tersisa di tubuhnya kecuali urat dan tulang. Istrinya mengurusnya dan membawakan makanan diletakan di sisi nabi Ayub. Maka istrinya berkata tatkala lama sakitnya nabi Ayub : "Wahai Ayub, kenapa engkau tidak berdoa kepada Robmu untuk menghilangkan sakitmu?" Maka nabi Ayub 'alaihis salam berkata, "Aku telah hidup selama 70 tahun dalam kondisi sehat, maka bukankah perkara yang sedikit karena Allah jika aku bersabar karena-Nya 70 tahun pula?"_ (Tafsir Ibnu Katsir : 5/360)

Disebutkan bahwa nabi Ayub sakit selama 7 tahun atau 18 tahun –sebagaimana disebutkan dalam buku-buku tafsir-, maka bagi beliau itu ringan dibandingkan kenikmatan kesehatan yang Allah telah berikan kepadanya selama 70 tahun.

Demikianlah mengingat-ingat kenikmatan menjadikan musibah terasa lebih ringan. _Wallahu A'lam bis-showab_.

🏡Kota Nabi _shallallahu 'alaihi wa sallam_, 06-05-1436 H

🌐Sumber: www.firanda.com

➖➖➖
  
Repost by :
👥 *SOBAT MUSLIM*

Rabu, 10 Agustus 2016

JANGAN MARAH !!!

♻ RINGKASAN MANAJEMEN MARAH

🔁 (Cara Mengelola dan Merubah Amarah Menjadi Kebaikan)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ

📝 Kemarahan ada tiga bentuk:

➡ Pertama: Kemarahan yang Terpuji

Marah yang terpuji adalah marah karena Allah, yaitu marah ketika terjadi pelanggaran terhadap syari’at Allah ta’ala.

➡ Kedua: Kemarahan yang Tercela

Marah yang tercela adalah marah yang bukan karena Allah, yang berdasarkan pada sesuatu yang tercela, seperti marah karena kesombongan, hizbiyyah (fanatisme golongan), dan berbagai sebab yang tercela lainnya.

➡ Ketiga: Kemarahan yang Mubah

Marah yang mubah adalah marah karena tabiat (sifat dasar manusia), seperti marah karena disakiti atau dihina, hukum asalnya mubah, namun dapat menjadi haram apabila mengantarkan kepada yang haram, seperti berbuat zalim, mencaci, mengghibah, bahkan memukul dan membunuh. Dan sebaliknya, marah karena tabiat ini dapat menjadi kebaikan yang besar apabila dikelola secara benar, yaitu sesuai tuntunan agama yang mulia ini.

📝 Cara Mengelola Kemarahan:

➡ Dari sahabat yang Mulia Abu Hurairah radhiyallahu’anhu,

أَنَّ رَجُلاً قَالَ لِلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَوْصِنِي قَالَ : لاَ تَغْضَبْ فَرَدَّدَ مِرَارًا قَالَ : لاَ تَغْضَبْ

🌱 “Bahwasannya seseorang berkata kepada Nabi shallallahu’alaihi wa sallam: Berilah aku wasiat. Beliau bersabda: Jangan marah. Orang tersebut meminta wasiat sampai beberapa kali. Beliau pun bersabda: Jangan marah.” [HR. Al-Bukhari]

➡ Para ulama menjelaskan, makna “Jangan marah” dalam hadits di atas mencakup lima makna:

✅ Pertama: Menghilangkan amarah dengan memaafkan (lihat Syarhu Shahihil Bukhari, 9/296).

✅ Kedua: Jangan mudah marah atau cepat marah (lihat Syarhu Riyadhis Shaalihin karya Asy-Syaikh Ibnul 'Utsaimin rahimahullah).

✅ Ketiga: Menjauhi sebab-sebab kemarahan (lihat Fathul Bari, 10/520).

✅ Keempat: Menghilangkan sifat sombong, karena itulah sebab kemarahan terbesar (lihat Fathul Bari, 10/520).

✅ Kelima: Tidak menuruti amarah atau melampiaskannya dengan cara yang salah (lihat Fathul Bari, 10/520)

Cara yang Lainnya:

✅ Keenam: Meminta perlindungan kepada Allah ta’ala dari setan, dengan membaca:

أَعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ

“A’uudzu billaahi minasy-syaithoonir-rojiim (Aku berlindung kepada Allah dari setan yang terkutuk).”

✅ Ketujuh: Berwudhu.

✅ Kedelapan: Diam, tidak berbicara apalagi berdebat dan saling mencaci.

✅ Kesembilan: Merubah posisi, jika sedang berdiri hendaklah duduk atau jika sedang duduk hendaklah berbaring.

✅ Kesepuluh: Melatih diri untuk tidak marah dan menahan emosi. Menahan marah adalah akhlak yang terpuji, dan akhlak yang terpuji terkadang dimiliki seseorang sebagai sifat dasarnya, dan terkadang ia perlu berjuang dan melatih diri untuk dapat memilikinya.

✅ Kesebelas: Mengedepankan prasangka baik kepada saudara kita yang membuat marah, karena prasangka baik melapangkan hati dan menghilangkan kemarahan terhadap orang yang menyakiti.

✅ Keduabelas: Senantiasa mengingat keutamaan menahan marah.

✅ Ketigabelas: Mengambil teladan dari orang-orang shalih.

✅ Keempatbelas: Mengingat akibat jelek kemarahan. Orang yang marah terkadang hilang akal sehatnya, sehingga ia mengatakan atau melakukan perbuatan-perbuatan tercela yang kelak ia sesali.

✅ Kelimabelas: Mengingat murka Allah dan azab-Nya yang pedih.

Sahabat yang Mulia Abud Darda' radhiyallahu’anhu berkata,

أقرب مايكون العبد من غضب الله تعالى إذا غضب

“Saat yang paling dekat antara seseorang dengan kemurkaan Allah adalah apabila hamba tersebut sedang marah.” [Syarhul Bukhari libni Baththol, 9/297]

Al-Imam Bakr bin Abdullah rahimahullah berkata,

أطفئوا نار الغضب بذكر نار جهنم

“Padamkanlah api kemarahan dengan mengingat api neraka jahannam.” [Syarhul Bukhari libni Baththol, 9/297]

💻 Baca Selengkapnya: http://sofyanruray.info/manajemen-marah/

══════ ❁✿❁ ══════

➡ Bergabunglah dan Sebarkan Dakwah Sunnah Bersama Markaz Ta’awun Dakwah dan Bimbingan Islam ⤵

📮 Join Telegram: http://goo.gl/6bYB1k
📲 Gabung Group WA: 08111377787
🌍 Fb: www.fb.com/taawundakwah
🌐 Web: www.taawundakwah.com
📒 Hastag: #Mutiara_Sunnah

Selasa, 09 Agustus 2016

RENUNGAN REZEKI DARI ALLAH

💰💦💰 *RENUNGAN TENTANG REZEKI…*

✍🏻 Ustadz Aan Chandra Thalib El-Gharantaly, حفظه الله تعالى

_Rezeki itu tidak terbatas pada harta dan makanan, *rezeki Allah itu luas*_.

_Bisa jadi rezeki itu berupa teman yang sholih,_

_Atau pikiran yang tenang dan rileks, Atau tidur yang nyenyak,_

_Atau tempat bernaung yang membuatmu tidak butuh pada orang lain dan terhina,_

_Atau berupa pemandangan yang menyejukkan hati dan mengubah moodmu,_

_Atau berupa seseorang yang mencintaimu dan bersabar atas segala kesalahanmu,_

_Atau berupa kata-kata indah yang engkau baca,_

_Atau berupa kasih sayang ibu dan ayah,_

_Atau berupa pundak orang yang engkau cintai sebagai tempatmu menangis,_

_Atau berupa kesempatan duduk bersama saudara-saudari yang membuatmu bisa menghapus kegalauan,_

_Atau berupa rasa hormat dari orang-orang disekelilingmu,_

_Atau berupa hadiah dari orang yang begitu berarti bagimu,_

_Atau berupa kemampuanmu dalam melayani diri sendiri._

Begitulah..

Disetiap kondisi selalu ada rezeki Allah untuk kita.

_Ya Allah kurniakan kami ridho-Mu, sesungguhnya Engkau sebaik-baik Pemberi rezeki_

📚Sumber: ehsaweb.net
Penerjemah: ACT El-Gharantaly

📝Catatan: *_Belajarlah memaknai setiap pemberian Allah. Jangan lupa untuk selalu mengiringi karunia-Nya dengan syukur._*

Selamat beraktifitas

🌐Sumber : BBG Al-ilmuCom

➖➖➖
  
Repost by :
www.Sandihardiansyah123.blogspot.com

KUNCI HIDUP

Kunci hidup adalah Jujur, Benar, dan Adil walaupun pahit untuk menjalankannya. Maju terus pantang mundur

Dialog hati

💞 *DIALOG HATI*💞
💕 *"Tentang Kita"* 💕

Dirimu adalah dunia yang unik...

Saat engkau mencintai seseorang, maka engkau memandang orang itu bak seorang raja.

Namun saat engkau membencinya, maka pandangan itu berubah, dari yang tadinya seperti seorang raja menjadi sosok syaithan yang menjijikkan.

Engkau mengira dunia berubah...

Padahal engkaulah yang berubah..

Saat dirimu bahagia, engkaupun melihat dunia seolah tersenyum..

Namun disaat dirimu mengalami fase jenuh..

Maka dunia dimatamu seolah menangis..

Semua bagai hidup dalam pekat gelap..

Padahal dunia tak pernah menangis dan tertawa..

Engkaulah yg tertawa dan menangis.

Kasihan sekali dirimu..

Bila menganggap benci membuatmu kuat, iri membuatmu terlihat pintar dan sifat keras menjadikanmu manusia terhormat.

Belajarlah untuk tersenyum bersama orang-orang disampingmu, sertai mereka dalam suka dan duka..

Hiduplah di sisi mereka...

Bergaullah dengan mereka...

Belajarlah untuk tidak bersikap masa bodoh dengan memberi salam pada setiap orang yang lewat dihadapanmu.

Jangan berteriak bila sahabatmu lambat, mungkin saja dia lelah..

Jangan memutus persahabatan bila dia salah,
Karena dia bukan malaikat, hanya manusia biasa sepertimu.

Jangan kecewa bila engkau kehilangan sesuatu yang berharga.
karena bila engkau rugi dalam satu perniagaan, maka ingatlah engkau telah mendapat untung dalam perniagaan yang lain..

Bagaimanapun pahitnya hidup.. tetaplah tersenyum..

Jangan lupa. segalanya tercatat dalam lembaran takdir, sebelum engkau menjadi satu dari miliyaran manusia..

Meski esok masih sesuatu yang ghaib, tetap mimpikan hal yang terindah..

Karena esok adalah hari yang baru..

Bila engkau ditaqdirkan berumur panjang, berarti esok adalah dirimu yang baru..

Pernahkah engkau mendengar ungkapan ahli hikmah yang berbunyi:

*رضا الناس غاية لا تدرك*

*_"Ridho manusia adalah sebuah cita yang tidak dapat dicapai"_*

Seringkali ungkapan ini dinukil setengah-setengah. Padahal bila ungkapan ini dinukil seutuhnya maka ungkapan ini merupakan ungkapan yang mengandung makna yang sangat luar biasa.

*رضا الناس غاية لا تدرك ورضا الله غاية لا تترك ، فاترك ما لا يدرك ، وأدرك ما لا يترك*

*_"Ridho manusia adalah satu cita yang tidak dapat dicapai, sedangkan ridho Allah adalah satu cita yang tidak sepatutnya ditinggal. Oleh karena itu, tinggalkanlah apa yang tidak mampu dicapai, dan capailah apa yang tidak sepatutnya ditinggal."_*

Ingat....

Tak perlu wajah yang indah untuk menjadi tampan

Tidak juga dengan selalu memuji untuk jadi orang yang dicintai..

Tidak harus kaya untuk bahagia..

Cukuplah bila Allah meridhoimu..

Dengan begitu Dia akan menjadikanmu orang yang tampan, dicintai dan bahagia.

Tahukah kamu bagaimana laku manusia..?

Bila engkau benar dalam 99 masaalah namun salah dalam satu masalah, maka mereka akan mencelamu karena satu kesalahan itu dan meninggalkan 99 lainnya. Begitulah laku manusia...

Tapi bila engkau salah dalam 99 masaalah dan benar dalam 1 masalah, maka Allah akan mengampunimu dengan satu kebaikan itu karena kemurahaa-Nya. Itu bila engkau tidak menyekutukan-Nya.

Begitulah kasih Allah..

Jadi... mengapa engkau sibuk dengan manusia lalu menjauh dari Allah.?

________________
Madinah 11-04-1436 H
ACT El Gharantaly

🌐Sumber : Channel Telegram

➖➖➖
  
Repost by :  
👥 *SOBAT MUSLIM*

Rabu, 20 Juli 2016

HARGA PROMO PULSA KUOTA INTERNET INDOSAT HANYA DI HIDAYAH CELL SINGASARI JONGGOL BOGOR BURUAN DISIKAT GAN!!!

HARGA PROMO PULSA KUOTA INTERNET INDOSAT 24 JAM / 30 HARI 1GB = Rp. 27.00, 2GB = Rp. 45.000, 3GB = Rp. 60.000, 5GB = Rp. 93.000 Ayo Buruan datangin Counter HIDAYAH CELL Sebelum Kehabisan

Sabtu, 16 Juli 2016

HIDAYAH CELL SINGASARI CIBODAS JONGGOL BOGOR

HIDAYAH CELL SINGASARI CIBODAS JONGGOL BOGOR KAMI MELAYANI PULSA ELEKTRIK, PULSA KUOTA INTERNET INDOSAT, TELKOMSEL, XL, AXIS, THREE, PULSA LISTRIK PLN ATAU TOKEN, PEMBAYARAN TAGIHAN LISTRIK, AKSESORIS HANDPHONE, PEMBAYARAN IURAN BPJS KESEHATAN, BISA JUGA PELAYANAN FOTO COPY, PRINT OUT, CETAK PHOTO DIGITAL, JASA PENGETIKAN, JUAL MATERAI DAN LAIN LAIN

Mau INTERNETAN , beli aja Pulsa Kuota Internet Di HIDAYAH CELL

HIDAYAH CELL SINGASARI CIBODAS MENYEDIAKAN BERBAGAI PAKET KUOTA INTERNET ISI ULANG SEPERTI PAKET KUOTA DATA INTERNET INDOSAT ,TELKOMSEL, XL, AXIS, THREE DLL

Kamis, 14 Juli 2016

Paket internet indosat

Mau internetan,,, HIDAYAH CEL menjual paket kuota internet indosat 24 jam ayo datang aja ke counter hidayah cell harga terjangkau

Rabu, 08 Juni 2016

HIDAYAH CELL (Sandi Hardiansyah)


Beli Pulsa Eletrik dan Pulsa Listrik PLN Hanya di HIDAYAH CELL




 HIDAYAH CELL

Bismillah,
Assalamu'alaikum
Bermula ingin membangun kampung yang tertinggal tepatnya di Kampung Cikaret Jalan Raya Singasari Cibodas Kecamatan Jonggol Kabupaten Bogor. Kami membuat Counter Pulsa Elektrik yang bernama HIDAYAH CELL untuk membantu masyarakat agar memudahkan dalam berokmunikasi. HIDAYAH CELL melayani dan tersedia :
  1.  Pulsa Elektrik Handphone dan Pulsa Listrik PLN atau Token Listrik
  2. Aksesoris seperti Charger, baterai, Kartu Perdana, Headset, Memory Card, dan lain-lain
  3. Jasa Pengetikan Print Colour
  4. Cetak Photo Digital langsung dari HP
  5. Foto Copy
  6. Jasa Pembuatan aplikasi Whatsapp, BBM, Email
  7. Dan masih banyak yang lainnya 

Salam,
HIDAYAH CELL
Pemilik : Sandi Hardiansyah


Contoh soal latihan UAS UT PDGK4409


1. Anak Luar Biasa adalah anak yang mempunyai sesuatu yang luar biasa secara sigfikan membedakannya
dengan...
A. anak normal
B. anak seusianya
C. Saudara- saudaranya
D. teman- temannya
Anak luar biasa mempunyai sesuatu yang luar biasa secara signifikan membedakannya dengan anak normal.(A)
2. Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual adalah...
A. kecerdasan rendah
B. tunanetra
C. tunaganda
D. tunalaras
Jenis          keluarbiasaan           karena           penyimpangan           intelektual          adalah kecerdasan                                   rendah.(A)
3. Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah kelahiran adalah...
A. virus rubela
B. proses kelahiran
C. Posnatal
D. salah minum obat
Penyebab        terjadinya        keluarbiasaan         yang        terjadi        setelah        kelahiran termasuk         posnatal.(C)
4. Berikut ini adalah sikap keluarga yang mungkin terjadi apabila ada anggota keluarga yang mengalami kelainan fisik akibat kecelakaan, kecuali...
A. shock
B. menerima kenyataan
C. malu
D. sebagai anugerah
Karena            keluarbiasaan             yang            disandang             anak            bukan                         sebagai                         anugerah.(D)
5. Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam...
A. sikap
B. berkomunikasi
C. mobilitas
D. pengembangan keterampilan.
Keadaan anak yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika tidak
mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam berkomunikasi anak.(B)
6.  Penyandang  keluarbiasaan  juga  memerlukan  teman  sebaya  untuk  bergaul.  Kehadiran  seorang  teman merupakan kebutuhan dilihat dari aspek...
A. sosial emosional
B. fisik
C. kesehatan
D. pendidikan
Kendekatan dengan seorang teman termasuk masalah- masalah sosialisasi, karena itu tergolong dalam kebutuhan
sosial                                                                                                                                                                     emosional.(A)
7. Penyandang keluarbiasaan selain mempunyai hak untuk mendapat pendidikan, juga mempunyai hak untuk hal -
hal berikut ini, kecuali...
A. bersosialisasi
B. mendapat pekerjaan
C. memanfaatkan fasilitas umum


D. mentaati peraturan yang berlaku
Mentaati                     peraturan                      yang                     berlaku                      merupakan                                      kewajiban.(D)
8. Pelayanan bagi anak luar biasa adalah layanan yang diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk...
A. menumbuhkan potensi anak
B. melayani kebutuhan pribadi
C. pemenuhan kebutuhan
D. pengguna layanan
Pelayanan  bagi  anak  luar  biasa  adalah  layanan  yang  diberikan  kepada  penyandang  keluarbiasaan
untuk menumbuhkan                                                                        potensi                                                                                                               anak.(A)
9. Jenis layanan bagi ALB adalah seperti berikut ini, kecuali...
A. kesehatan
B. emosional
C. kebutuhan pendidikan
D. berperilaku sopan dan santun
Option                        D                         tergolong                         kewajiban                                     penyandang     ALB.(D)
10.  Pelayanan bagi ALB di indonesia telah dimulai sejak berdirinya sekolah yang khusus pada tahun... diperuntukkan bagi tunanetra pada tahun...
A. 1901
B. 19088
C. 1928
D. 1945
Tahun                                  1901                                  institut                                 tunanetra                                             didirikan.(A)
11. Dalam pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus untuk ALB, sedangkan pada proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan...
A. anak normal
B. anak seusia
C. saudaranya
D. teman - temannya
Proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan penyediaan pendidikan bagi ALB di sekolah yang
sama                                                     dengan                                                     anak                                                               normal.(A)
12. Anak luar biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sama dengan anak - anak normal di sekolah biasa,
diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian  merupakan model...
A. layanan di sekolah biasa
B. sekolah biasa dengan guru konsultan
C. sekolah biasa dengan ruang sumber
D. sekolah khusus ALB
Jenis        layanan         pendidikan         demikian          merupakan    model guru    PLB    sebagai    konsultan.(B)
13.  Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan ...
A. mandiri
B. kolaborasi
C. pereodik
D. berkesinambungan
Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan
pelayanan yang    menggunakan    pendekatan secara    bekerjasama    dalam    membantu    ALB.(B)
14. Anak berbakat adalah anak yang memiliki IQ 130-140. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh...
A. Moh Yamin
B. Erancoya


C. Clark
D. teman
Anak             berbakat              anak             yang             memiliki             skor             IQ                      130                       -                    140.(D)
15. Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi...
A. sosial
B. fisik
C. akademik
D. emosional
Ketekunan dan rasa ingin tahu yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi akademik.(C)
16. Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk...
A.pengembangan fungsi otak yang efektif dan efisien
B. membutuhkan kepedulian masyarakat
C. pengembangan aset bangsa
D. emosional
Pendidikan bagi anak berbakat merupakan kebutuhan bagi mereka untuk pengembangan fungsi otak yang efektif
dan                                                                                                                                                                     efisien.(A)
17. Salah satu tujuan program pendidikan anak berbakat adalah...
A. Pengajaran semua matapelajaran di sekolah
B. penguasaan konsep penting matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya.
C. meningkatkan potensi belajar di atas rata - rata kelas
D. membina terciptanya anak unggulan
Salah  satu  tujuan  program  pendidikan  anak  berbakat  adalah harus  menguasai  sistem  konseptual.(B)
18. Layanan adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak berbakat dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut, kecuali...
A. mengadakan kelas pengayaan
B. menggunakan guru konsultan
C. sekolah umum
D. studi mandiri
Option                    C                    bukan                     merupakan                     jawaban                                 yang              sesuai.(C)
19. Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan dengan...
A. percepatan/ akselerasi siswa
B. studi mandiri
C. menggunakan guru konsultan
D. menggunakan ruangan sumber belajar.
Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan
dengan melalui                                          percepatan/                                          akselerasi                                                                      siswa.(A)
20. Anak tunanetra yang diklasifikasikan kurang lihat (low vision), memiliki ketajaman penglihatan...
A. 20/20 - 20/50 feet
B. 60/60 - atau 20/200 feet
C. virus o
D. 6/20 atau 20/70 feet
Anak  tunanetra  yang  diklasifikasikan  kurang  lihat          (low  vision) memiliki  ketajaman                                                                                       20/20                                                                                                          -                                                                                                          20/50.(A)
21. Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan
pencegahan secara...
A. edukatif
B. sosial


C. medis
D. pribadi
Pencegahan                      dapat                      dilakukan                      dengan                                            pemeriksaan         dini.(C)
22. Dini mengalami kecelakaan sehingga mengakibatkan gangguan kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi kesedihan, dan keputusan. Dari kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius pada...
A. emosi
B. curiga pada orang lain
C. kepekaan terhadap lingkungan
D. ketergantungan pada orang lain
Dini               mengalami                gangguan                serius                pada kepekaan                       pada                           lingkungan.(C)
23. Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak tunanetra dilihat dari aspek...
A. Fisik
B. motorik
C. sosial
D. akademis
Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan karakteristik anak
tunanetra                                   dilihat                                    dari                                    aspek                                                     motorik.(B)
24. Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra adalah latihan...
A. tali temali
B. bermain bola
C. membaca dan menulis huruf braille
D. menulis huruf latin
Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra adalah memberikan latihan membaca dan menulis
huruf                                                                                                                                                                     braille.(C)
25. Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian...
A. luar dan tengah
B. tengah dalam dan syaraf pendengaran
C. tengah
D. dalam saja
Anak tunarungu konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian luar dan tengah.(A)
26. Jenis tunarungu yang disebabkan oleh faktor genetik adalah sebagai berikut, kecuali...
A. rubela
B. meningtis
C. tympanisclerosis
D. trauma akustik
Tunarungu tympanisclerosis terjadi                              disebabkan                              faktor                                                                                               konduktif.(C)
27. Tuna mengalami kecelakaan yang mengakibatkan pecahnya selaput gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang pendengaran. Dari pernyataan tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu tipe...
A. konduktif
B. sensor
C. endogen
D. eksogen
Ketunarunguan   Tama   termasuk   tunarungu   tipe konduktif   yaitu kerusakan   telinga   tengah.(A)
28. Anak tunarungu cenderung bergaul dengan sesama tunarungu dan menarik diri dari lingkungan orang mendengar. Pernyataan tersebut mencerminkan karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek...
A. akademis


B. sosial
C. kesehatan
D. fisik
Anak tunarungu lebih dekat dengansesama anak tunarungu lainnya karakteristik anak tunarungu dilihat dari aspek sosial.(B)
29. Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi, layanan...
A. pendidikan yang sama dengan anak normal.
B. memperbanyak pelajaran praktek
C. akademik dan layanan untuk mengurangi kelaianannya.
D. latihan, administrasi
Layanan pendidikan bagi anak tunarungu antara lain meliputi, layanan secara akademis untuk mengurangi
dampak                                                                                                                                                                     kelainannya.(C)
30. Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan
metode...
A. oral
B. membaca ujaran
C. manual ( isyarat)
D. komunikasi total
Pendekatan dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan
metode komunikasi                                                                                                                                                                     total.(D)
31. Anak tunagrahita yang memiliki ukuran kepala kecil, merupakan jenis kelainan jasmani ...
A. kretin
B. hydrocephal.
C. microcephal
D. Macrocephal
Microcephal memiliki                               ukuran                               kepala                                                                      yang                                   kecil.(C)
32. Tunagrahita yang disebabkan karena faktor keturunan adalah sebagai berikut, kucuali...
A. infeksi dan keracunan
B. faktor bawaan
C. kerusakan gen
D. kelainan kromoson
Tunagrahita yang  disebabkan karena  faktor  keturunan  tidak disebabkan oleh terjangkitnya penyakit dan
keracunan                        selama                        janin                        masih                        dalam                                           kandungan.(A)
33. Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara penyampaian informasi tentang...
A. penyuluhan genetik
B. diagnostik prenatal
C. pemeliharaan kesehatan
D. sanitasi lingkungan
Upaya terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara  mengkomunikasikan
berbagai                               informasi                               mengenai                               masalah                                              genetika.(A)
34. Anak tunagrahita yang kematangan belajar membaca baru dicapainya pada umur 12 tahun termasuk...
A. ringan
B. sedang
C. berat
D. sangat berat


Tunagrahita   ringan   mencapai   kematangan   belajar   membaca   dicapai   pada   usia                                                                                                                                                                      12   tahun.(A)
35. Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul di masyarakat, merupakan tujuan pendidikan anak tunagrahita...
A. ringan
B. sedang
C. berat
D. sangat berat
Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serdapat bergaul di masyarakat merupakan tujuan pendidikan anak
tunagrahita                                                                                                                                                                     ringan.(A)
36. Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita antara lain...
A. berkesempatan bergaul dengan anak normal
B. pergaulan lebih spesifik
C. lebih konsentrasi dalam belajar.
D. lahir dari rasa rendah diri
Keuntungan pendidikan dengan sistem integrasi bagi anak tunagrahita adalah pergaulan dengan anak normal
merupakan                                 latihan                                 hidup                                 yang                                                     sebenarnya.(A)
37. Anak tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala...
A. mudah tersinggung
B. mudah marah
C. keterbelakangan mental
D. ketidakmampuan bicara
Anak tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala mengalami keterbelakangan mental.(C)
38. Memberikan kegiatan melalui berkesenian, keterampilan dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak tunadaksa dalam hal...
A. mematangkan moral
B. meningkatkan ekspresi diri
C. membantu perkembangan fisik
D. mematangkan aspek sosial
Meningkatkan            ekspresi             diri melalui             kesenian,            keterampilan,                                       dan                     kerajinan.(B)
39. Lama belajar dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah...
A. 25 menit
B. 30 menit
C. 45 menit
D. 50 menit
Lama    belajar    dalam    satu                jam    pelajaran          pada    jenjang          SDLB    adalah 30    menit.(B)
40. Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam...
A. perencanaan kegiatan belajar mengajar
B. prinsip multi sensori
C. prinsip individual
D. fungsi pembelajaran menyediakan ruangan khusus
Menentukan metode dan evaluasi kemajuan belajar merupakan langkah- langkah dalam perencanaan kegiatan
belajar                                                                                                                                                                     mengajar.(A)
41. Pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata merupakan karakteristik anak tunalaras dilihat dari
segi...
A. fisik
B. emosional
C. akademik


D. sosial
Dari segi akademik anak tuna laras memiliki pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata.(C)
42. Salah satu kebutuhan anak tunalaras adalah...
A. memberi keterampilan khusus untuk bekal hidup
B. memberi hukuman
C. menjelaskan perilaku yang akan diubah
D. mengatakan perilaku yang akan diterima
Salah  satu  kebutuhan  anak  tunalaras  adalah memberi  keterampilan  khusus  untuk  bekal  hidup.                                                                                                                                                                     (A)
43. Salah satu kebutuhan anak tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan...
A. perhatian
B. berbahasa
C. motorik
D. kesulitan membaca
Salah  satu  kebutuhan anak tunalaras yang  perlu  mendapat perhatian khusus adalah gangguan kesulitan membaca.(D)
44. Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi termasuk bidang...
A. akademik
B. perkembangan
C. pertumbuhan
D. motorik
Adi tidak mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi
termasuk                                                                                                                                                                     bidang akademik.(A)
45. Karakteristik anak berkesulitan belajar adalah sebagai berikut, kecuali...
A. hiperaktif
B. gangguan persepsi motorik
C. kesulitan menyesuaikan diri
D. gangguan bicara dan mendengar
Option   C  kurang  mampu  menyesuiakan  diri   bukan  karakteristik   anak   berkesulitan  belajar.(C)
46. Menentukan pengelompokan anak secara tepat untuk pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen...
A. kemampuan membaca
B. prosedur bimbingan membaca
C. pendekatan remidial membaca
D. membantu siswa membaca pemahaman
Tujuan asesmen kemampuan membaca dengan pengelompokan anak secara tepat sehingga belajar lebih efektif
dan                                                                                                                                                                     efisien.(A)
47. Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat...
A. semi konkrit - konkrit - abstrak
B. konkrit - semi konkrit - abstrak
C. konkrit
D. abstrak - semi konkrit - konkrit
Pengajaran remidi bagi anak berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat konkrit -
semi                                                        konkrit                                                        -                                                                abstrak.(B)
48. Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah...
A. memeriksa riwayat hidup siswa
B. mencatat nama siswa yang mengalami kelainan
C. melakukan identifikasi


D. melakukan wawancara
Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah melakukan identifikasi.(C)
49. Berdasarkan pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari kemampuan yang diharapkan. Oleh karena itu oleh guru kelas Tia dianggap sebagai anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru tersebut adalah merupakan tindakan...
A. evaluasi
B. wawancara
C. diagnosa
D. identifikasi
Tindakan   yang   dilakukan   guru   tersebut   merupakan identifikasi   anak   berkesulitan   belajar.(D)
50. Jenis layanan yng diperlukan ALB adalah didasarkan pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali...
A. menentukan kemampuan yang semestinya dikuasai anak.
B. untuk pengembangan potensi yang optimal
C. setiap anak memerlukan bantuan khusus dari guru.
D. setiap anak mempunyai kebutuhan yang berbeda
Option C tidak tepat karena setiap anak tidak sama untuk bimbingan khusus dari guru.(C)