1. Anak Luar
Biasa adalah anak yang mempunyai sesuatu yang luar biasa secara sigfikan
membedakannya
dengan...
dengan...
A. anak normal
B. anak seusianya
C. Saudara- saudaranya
D. teman- temannya
Anak luar biasa mempunyai sesuatu yang luar biasa secara
signifikan membedakannya dengan anak normal.(A)
2. Jenis keluarbiasaan karena
penyimpangan intelektual adalah...
A. kecerdasan rendah
B. tunanetra
C. tunaganda
D. tunalaras
Jenis keluarbiasaan karena penyimpangan intelektual adalah kecerdasan rendah.(A)
3. Penyebab terjadinya keluarbiasaan
yang terjadi setelah kelahiran adalah...
A. virus rubela
B. proses kelahiran
C. Posnatal
D. salah minum obat
Penyebab terjadinya keluarbiasaan yang terjadi setelah kelahiran
termasuk posnatal.(C)
4. Berikut ini adalah sikap keluarga
yang mungkin terjadi apabila ada anggota keluarga yang mengalami kelainan fisik akibat kecelakaan, kecuali...
A. shock
B. menerima kenyataan
C. malu
D. sebagai anugerah
Karena keluarbiasaan yang disandang anak bukan sebagai anugerah.(D)
5. Keadaan anak yang tidak dapat
mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa depan anak jika
tidak mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh
dalam...
A. sikap
B. berkomunikasi
C. mobilitas
D. pengembangan keterampilan.
Keadaan anak
yang tidak dapat mendengar sejak lahir akan berakibat kurang baik bagi masa
depan anak jika tidak
mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam berkomunikasi anak.(B)
mendapat layanan yang memadai, karena keluarga tersebut dapat berpengaruh dalam berkomunikasi anak.(B)
6. Penyandang
keluarbiasaan juga memerlukan
teman sebaya untuk
bergaul. Kehadiran seorang
teman merupakan
kebutuhan dilihat dari aspek...
A. sosial emosional
B. fisik
C. kesehatan
D. pendidikan
Kendekatan dengan seorang teman
termasuk masalah- masalah sosialisasi, karena itu tergolong dalam kebutuhan
sosial emosional.(A)
7. Penyandang
keluarbiasaan selain mempunyai hak untuk mendapat pendidikan, juga mempunyai
hak untuk hal -
hal berikut ini, kecuali...
hal berikut ini, kecuali...
A. bersosialisasi
B. mendapat pekerjaan
C. memanfaatkan fasilitas umum
D. mentaati peraturan yang berlaku
Mentaati peraturan yang berlaku merupakan kewajiban.(D)
8. Pelayanan bagi anak luar biasa
adalah layanan yang diberikan kepada penyandang keluarbiasaan untuk...
A. menumbuhkan potensi anak
B. melayani kebutuhan pribadi
C. pemenuhan kebutuhan
D. pengguna layanan
Pelayanan bagi
anak luar biasa
adalah layanan yang
diberikan kepada penyandang
keluarbiasaan
untuk
menumbuhkan potensi anak.(A)
9. Jenis layanan bagi ALB adalah
seperti berikut ini, kecuali...
A. kesehatan
B. emosional
C. kebutuhan pendidikan
D. berperilaku sopan dan santun
Option D tergolong kewajiban penyandang ALB.(D)
10. Pelayanan bagi ALB di indonesia telah dimulai
sejak berdirinya sekolah yang khusus pada tahun... diperuntukkan bagi tunanetra pada
tahun...
A. 1901
B. 19088
C. 1928
D. 1945
Tahun 1901 institut tunanetra didirikan.(A)
11. Dalam
pelayanan segregasi ALB mendapatkan pendidikan khusus untuk ALB, sedangkan pada
proses integrasi penyandang
keluarbiasaan bergabung dengan...
A. anak normal
B. anak seusia
C. saudaranya
D. teman - temannya
Proses integrasi penyandang keluarbiasaan bergabung dengan
penyediaan pendidikan bagi ALB di sekolah yang
sama dengan anak normal.(A)
12. Anak luar
biasa mendapat layanan pendidikan bersama- sama dengan anak - anak normal di
sekolah biasa,
diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian merupakan model...
diajar oleh guru sekolah biasa yang dibantu guru PLB. Jenis layanan pendidikan demikian merupakan model...
A. layanan di sekolah biasa
B. sekolah biasa dengan guru
konsultan
C. sekolah biasa dengan ruang sumber
D. sekolah khusus ALB
Jenis layanan pendidikan demikian merupakan model guru PLB
sebagai konsultan.(B)
13. Pelayanan yang diberikan oleh satu tim kepada
ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan pelayanan yang menggunakan pendekatan ...
A. mandiri
B. kolaborasi
C. pereodik
D. berkesinambungan
Pelayanan yang diberikan oleh satu
tim kepada ALB dalam membantu mengembangkan potensinya, merupakan
pelayanan yang menggunakan pendekatan secara bekerjasama dalam membantu ALB.(B)
pelayanan yang menggunakan pendekatan secara bekerjasama dalam membantu ALB.(B)
14. Anak berbakat adalah anak yang
memiliki IQ 130-140. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh...
A. Moh Yamin
B. Erancoya
C. Clark
D. teman
Anak berbakat anak yang memiliki skor IQ 130 - 140.(D)
15. Ketekunan dan rasa ingin tahu
yang besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi...
A. sosial
B. fisik
C. akademik
D. emosional
Ketekunan dan rasa ingin tahu yang
besar merupakan karakteristik anak berbakat ditinjau dari segi akademik.(C)
16. Pendidikan bagi anak berbakat
merupakan kebutuhan bagi mereka untuk...
A.pengembangan fungsi otak yang
efektif dan efisien
B. membutuhkan kepedulian masyarakat
C. pengembangan aset bangsa
D. emosional
Pendidikan bagi anak berbakat
merupakan kebutuhan bagi mereka untuk pengembangan fungsi otak yang efektif
dan efisien.(A)
17. Salah satu tujuan program
pendidikan anak berbakat adalah...
A. Pengajaran semua matapelajaran di
sekolah
B. penguasaan konsep penting
matapelajaran sesuai tingkat kemampuannya.
C. meningkatkan potensi belajar di
atas rata - rata kelas
D. membina terciptanya anak unggulan
Salah
satu tujuan program
pendidikan anak berbakat
adalah harus menguasai sistem
konseptual.(B)
18. Layanan
adaptasi lingkungan belajar yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan anak
berbakat dapat dilakukan
dengan cara sebagai berikut, kecuali...
A. mengadakan kelas pengayaan
B. menggunakan guru konsultan
C. sekolah umum
D. studi mandiri
Option C bukan merupakan jawaban yang sesuai.(C)
19. Jenis layanan
bagi anak berbakat yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan adaptasi program,
dapat dilakukan
dengan...
A. percepatan/ akselerasi siswa
B. studi mandiri
C. menggunakan guru konsultan
D. menggunakan ruangan sumber
belajar.
Jenis layanan bagi anak berbakat yang sesuai dengan
karakteristik kebutuhan adaptasi program, dapat dilakukan
dengan melalui percepatan/ akselerasi siswa.(A)
20. Anak tunanetra yang
diklasifikasikan kurang lihat (low vision), memiliki ketajaman penglihatan...
A. 20/20 - 20/50 feet
B. 60/60 - atau 20/200 feet
C. virus o
D. 6/20 atau 20/70 feet
Anak tunanetra
yang diklasifikasikan kurang
lihat (low vision) memiliki ketajaman 20/20 - 20/50.(A)
21. Pencegahan terjadinya tunanetra dapat dilakukan dengan
pemeriksaan dini. Pernyataan tersebut merupakan
pencegahan secara...
A. edukatif
B. sosial
C. medis
D. pribadi
Pencegahan dapat dilakukan dengan pemeriksaan dini.(C)
22. Dini mengalami kecelakaan
sehingga mengakibatkan gangguan kebutaan, selanjutnya hari - harinya dipenuhi
kesedihan, dan keputusan. Dari kejadian tersebut Dini mengalami gangguan serius
pada...
A. emosi
B. curiga pada orang lain
C. kepekaan terhadap lingkungan
D. ketergantungan pada orang lain
Dini mengalami gangguan serius pada
kepekaan pada lingkungan.(C)
23. Keterbatasan
penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti orang normal lainnya merupakan
karakteristik anak tunanetra dilihat dari aspek...
A. Fisik
B. motorik
C. sosial
D. akademis
Keterbatasan penglihatan dan tidak bebas bergerak seperti
orang normal lainnya merupakan karakteristik anak
tunanetra dilihat dari aspek motorik.(B)
24. Layanan rehabilitasi yang paling
dibutuhkan anak tunanetra adalah latihan...
A. tali temali
B. bermain bola
C. membaca dan menulis huruf braille
D. menulis huruf latin
Layanan rehabilitasi yang paling dibutuhkan anak tunanetra
adalah memberikan latihan membaca dan menulis
huruf braille.(C)
25. Anak tunarungu konduktif adalah
anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian...
A. luar dan tengah
B. tengah dalam dan syaraf
pendengaran
C. tengah
D. dalam saja
Anak tunarungu
konduktif adalah anak yang mengalami kerusakan organ pendengaran pada bagian
luar dan tengah.(A)
26. Jenis tunarungu yang disebabkan
oleh faktor genetik adalah sebagai berikut, kecuali...
A. rubela
B. meningtis
C. tympanisclerosis
D. trauma akustik
Tunarungu
tympanisclerosis terjadi disebabkan faktor konduktif.(C)
27. Tuna mengalami kecelakaan yang
mengakibatkan pecahnya selaput gendang dengar dan lepasnya rangkaian tulang
pendengaran. Dari pernyataan tersebut ketunarunguan Tama termasuk tunarungu
tipe...
A. konduktif
B. sensor
C. endogen
D. eksogen
Ketunarunguan Tama
termasuk tunarungu tipe konduktif yaitu kerusakan telinga
tengah.(A)
28. Anak
tunarungu cenderung bergaul dengan sesama tunarungu dan menarik diri dari
lingkungan orang mendengar.
Pernyataan tersebut mencerminkan karakteristik anak tunarungu dilihat dari
aspek...
A. akademis
B. sosial
C. kesehatan
D. fisik
Anak tunarungu
lebih dekat dengansesama anak tunarungu lainnya karakteristik anak tunarungu
dilihat dari aspek
sosial.(B)
29. Layanan pendidikan bagi anak
tunarungu antara lain meliputi, layanan...
A. pendidikan yang sama dengan anak
normal.
B. memperbanyak pelajaran praktek
C. akademik dan layanan untuk
mengurangi kelaianannya.
D. latihan, administrasi
Layanan pendidikan bagi anak tunarungu
antara lain meliputi, layanan secara akademis untuk mengurangi
dampak kelainannya.(C)
30. Pendekatan
dengan menerapkan berbagai metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah
merupakan
metode...
metode...
A. oral
B. membaca ujaran
C. manual ( isyarat)
D. komunikasi total
Pendekatan dengan menerapkan berbagai
metode baik lisan, tulisan, maupun isyarat adalah merupakan
metode
komunikasi total.(D)
31. Anak tunagrahita yang memiliki
ukuran kepala kecil, merupakan jenis kelainan jasmani ...
A. kretin
B. hydrocephal.
C. microcephal
D. Macrocephal
Microcephal memiliki ukuran kepala yang kecil.(C)
32. Tunagrahita yang disebabkan
karena faktor keturunan adalah sebagai berikut, kucuali...
A. infeksi dan keracunan
B. faktor bawaan
C. kerusakan gen
D. kelainan kromoson
Tunagrahita yang disebabkan karena faktor
keturunan tidak disebabkan oleh
terjangkitnya penyakit dan
keracunan selama janin masih dalam kandungan.(A)
33. Upaya
terjadinya pencegahan terhadap terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan
cara penyampaian informasi tentang...
A. penyuluhan genetik
B. diagnostik prenatal
C. pemeliharaan kesehatan
D. sanitasi lingkungan
Upaya terjadinya pencegahan terhadap
terjadinya tunagrahita dapat dilakukan dengan cara mengkomunikasikan
berbagai informasi mengenai masalah genetika.(A)
34. Anak tunagrahita yang kematangan
belajar membaca baru dicapainya pada umur 12 tahun termasuk...
A. ringan
B. sedang
C. berat
D. sangat berat
Tunagrahita ringan
mencapai kematangan belajar
membaca dicapai pada
usia 12
tahun.(A)
35. Mampu
mengurus dan membina diri sendiri, serta dapat bergaul di masyarakat, merupakan
tujuan pendidikan anak
tunagrahita...
A. ringan
B. sedang
C. berat
D. sangat berat
Mampu mengurus dan membina diri sendiri, serdapat bergaul
di masyarakat merupakan tujuan pendidikan anak
tunagrahita ringan.(A)
36. Keuntungan pendidikan dengan
sistem integrasi bagi anak tunagrahita antara lain...
A. berkesempatan bergaul dengan anak
normal
B. pergaulan lebih spesifik
C. lebih konsentrasi dalam belajar.
D. lahir dari rasa rendah diri
Keuntungan pendidikan dengan sistem
integrasi bagi anak tunagrahita adalah pergaulan dengan anak normal
merupakan latihan hidup yang sebenarnya.(A)
37. Anak tunagrahita yang mengalami
cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala...
A. mudah tersinggung
B. mudah marah
C. keterbelakangan mental
D. ketidakmampuan bicara
Anak
tunagrahita yang mengalami cerebral palsy 45% dapat diketahui dengan gejala
mengalami keterbelakangan mental.(C)
38. Memberikan kegiatan melalui
berkesenian, keterampilan dan kerajinan merupakan tujuan pendidikan anak
tunadaksa dalam hal...
A. mematangkan moral
B. meningkatkan ekspresi diri
C. membantu perkembangan fisik
D. mematangkan aspek sosial
Meningkatkan ekspresi diri melalui kesenian, keterampilan, dan kerajinan.(B)
39. Lama belajar dalam satu jam
pelajaran pada jenjang SDLB adalah...
A. 25 menit
B. 30 menit
C. 45 menit
D. 50 menit
Lama belajar
dalam satu jam pelajaran pada jenjang SDLB adalah 30
menit.(B)
40. Menentukan metode dan evaluasi
kemajuan belajar merupakan langkah- langkah yang terdapat dalam...
A. perencanaan kegiatan belajar
mengajar
B. prinsip multi sensori
C. prinsip individual
D. fungsi pembelajaran menyediakan
ruangan khusus
Menentukan metode dan evaluasi
kemajuan belajar merupakan langkah- langkah dalam perencanaan kegiatan
belajar mengajar.(A)
41. Pencapaian
hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata merupakan karakteristik anak
tunalaras dilihat dari
segi...
segi...
A. fisik
B. emosional
C. akademik
D. sosial
Dari segi akademik anak tuna laras
memiliki pencapaian hasil belajar yang jauh di bawah rata- rata.(C)
42. Salah satu kebutuhan anak
tunalaras adalah...
A. memberi keterampilan khusus untuk
bekal hidup
B. memberi hukuman
C. menjelaskan perilaku yang akan
diubah
D. mengatakan perilaku yang akan
diterima
Salah satu
kebutuhan anak tunalaras
adalah memberi keterampilan khusus
untuk bekal hidup. (A)
43. Salah satu kebutuhan anak
tunalaras yang perlu mendapat perhatian khusus adalah gangguan...
A. perhatian
B. berbahasa
C. motorik
D. kesulitan membaca
Salah satu
kebutuhan anak tunalaras yang
perlu mendapat perhatian khusus
adalah gangguan kesulitan membaca.(D)
44. Adi tidak
mampu membedakan dalam mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang
dialami Adi termasuk
bidang...
A. akademik
B. perkembangan
C. pertumbuhan
D. motorik
Adi tidak mampu membedakan dalam
mengerjakan soal perkalian dan pembagian. Kesulitan yang dialami Adi
termasuk bidang
akademik.(A)
45. Karakteristik anak berkesulitan
belajar adalah sebagai berikut, kecuali...
A. hiperaktif
B. gangguan persepsi motorik
C. kesulitan menyesuaikan diri
D. gangguan bicara dan mendengar
Option C
kurang mampu menyesuiakan
diri bukan karakteristik anak
berkesulitan belajar.(C)
46. Menentukan pengelompokan anak secara
tepat untuk pengajaran, merupakan salah satu tujuan asesmen...
A. kemampuan membaca
B. prosedur bimbingan membaca
C. pendekatan remidial membaca
D. membantu siswa membaca pemahaman
Tujuan asesmen kemampuan membaca dengan pengelompokan anak
secara tepat sehingga belajar lebih efektif
dan efisien.(A)
47. Pengajaran remidi bagi anak
berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat...
A. semi konkrit - konkrit - abstrak
B. konkrit - semi konkrit - abstrak
C. konkrit
D. abstrak - semi konkrit - konkrit
Pengajaran remidi bagi anak
berkesulitan matematika, harus sistematis sesuai dengan urutan tingkat konkrit
-
semi konkrit - abstrak.(B)
48. Langkah pertama yang harus
dilakukan pada pelayanan ALB di sekolah biasa adalah...
A. memeriksa riwayat hidup siswa
B. mencatat nama siswa yang
mengalami kelainan
C. melakukan identifikasi
D. melakukan wawancara
Langkah pertama yang harus dilakukan pada pelayanan ALB di
sekolah biasa adalah melakukan identifikasi.(C)
49. Berdasarkan
pengamatan, tulisan Tia masih jauh dari kemampuan yang diharapkan. Oleh karena
itu oleh guru kelas Tia
dianggap sebagai anak yang berkesulitan belajar. Tindakan yang dilakukan guru
tersebut adalah merupakan
tindakan...
A. evaluasi
B. wawancara
C. diagnosa
D. identifikasi
Tindakan yang
dilakukan guru tersebut
merupakan identifikasi anak berkesulitan belajar.(D)
50. Jenis layanan yng diperlukan ALB
adalah didasarkan pada pertimbangan sebagai hal berikut ini, kecuali...
A. menentukan kemampuan yang
semestinya dikuasai anak.
B. untuk pengembangan potensi yang
optimal
C. setiap anak memerlukan bantuan
khusus dari guru.
D. setiap anak mempunyai kebutuhan
yang berbeda
Option C tidak tepat karena setiap
anak tidak sama untuk bimbingan khusus dari guru.(C)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar